Tata Rias Pengantin Betawi Tradisional dan Modifikasi

Dari masa ke masa, kebudayaan masyarakat Betawi terus berkembang dengan ciri-ciri yang sangat mudah dibedakan dari kelompok etnis lain. Kebudayaan Betawi tumbuh spontan dengan segala keserdehanaannya yang meriah.

Tinggal di kota yang menjadi ajang pertemuan beberapa budaya lokal dengan budaya luar, tak heran jika masyarakat Betawi memiliki keanekaragaman budaya yang begitu kaya. Pertemuan ini menghasilkan sebuah budaya baru yang tak dimiliki oleh daerah lain. Sejarah panjang kota Jakarta mencatat bahwa budaya yang sangat kental mempengaruhi etnis ini adalah kebudayaan Tionghoa. Perpaduan kental antara kebudayaan lokal dengan kebudayaan masyarakat pendatang ini dapat dirasakan pada pakaian pengantin perempuan masyarakat Betawi.

Tata rias dan busana pengantin Betawi ini sengaja dikemas dalam sebuah buku untuk menuntun dan memberikan inspirasi kepada para perias dan calon pengantin agar budaya ini tetap lestari. Beragam tata rias dan busana pengantin Betawi Tradisional maupun modifikasi dipaparkan secara informatif dalam buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar